Strategi Bisnis Masa Kini

 

Ada 3 Jenis Strategi Dalam Bisnis Masa Kini Yaitu:
1. Frontal Strategy
Strategi bisnis ini bertempur secara berhadapan langsung dengan pesaing bisnis dengan cara yang sama, ditempat yang sama, dan waktu sama. Biasanya dijalankan oleh perusahaan bermarket leader. Jadi strategi ini kita berhadapan langsung dengan pesaing bisnis sehingga mereka sadar bahwa kita adalah pesaing.
2. Guerrilla Strategy (Gerilya)
Adalah strategi dengan cara bersembunyi dengan cara yang tidak biasa dan tidak terduga, ditempat yang tidak terduga, dan diwaktu yang tidak terduga. Biasanya dijalankan oleh perusahaan kecil atau perusahaan yang baru.
3. Franking Strategy (Mengapit)
Adalah strategi dengan cara mengapit atau menciptakan produk yang sama namun tidak sejenis. Misalkan sebuah pangsa pasar telah dipenuhi oleh sebuah koran umum sehingga dengan strategi franking para marketer menciptakan produk koran namun lebih spesialis misalnya koran politik, koran wanita, koran ibu dan anak, dan lain sebagainya, inilah strategi mengapit produk pesaingnya.
Frontal strategy dilakukan oleh perusahaan besar dengan persepsi yang telah baik. Bagimana membuat produk bisa membuat daya saing dengan persepsinya baca artikel sebelumnya yang berjudul: Persepsi Produk Yang Baik Meningkatkan Daya Saing . Kenapa berani? Tentu saja mereka berani karena mereka telah terlebih dahulu menguasai market. Sebuah contoh kasus, dalam persaingan bisnis Perusahaan besar menjual produk dengan hadiah mobil seharga 500 juta. Pesaingnya memperhatikan dengan keuangannya membuat hadiah 100 juta namun karena perusahaannya lebih kecil maka pesaingnya tidak boleh memberikan hadiah yang sama. Maka pesaingnya memberikan hadiahnya ke dalam bentuk Rumah. Kenapa rumah? Pesaing bisnis ini memperhatikan kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya, Pertama kalah dalam hal keuangan maka Rumah harga 100 juta terasa lebih murah, Mobil memerlukan sebuah garasi dan garasi adanya ada di sebuah rumah, biaya perawatan mobil mahal dan harga mobil akan menyusut sedangkan rumah merupakan investasi sehingga harganya akan terus meningkat. Selanjutnya apa yang terjadi jika perusahaan besar mengetahui taktik pesaingnya, maka hadiah mobil akan digantinya menjadi hadiah Rumah namun yang harganya 500juta. Mengapa? Karena perusahaan besar akan melakukan strategi frontal kepada pesaingnya karena merasa telah mempunyai persepsi yang baik. Apapun strategi yang dilakukan perusahaan besar biasanya menghadapi dengan cara frontal.
Untuk itu sebaiknya perusahaan kecil melakukan Strategi Gerilya, yaitu menunggu pesaingnya sampai selesai melakukan promosi dan pengundian hadiah. Perusahaan kecil kemudian mempelajari kelemahan perusahaan besar tersebut kemudian masuk ke dalam dengan membuat promosi yang hasilnya bisa mengobati kekecewaan konsumen perusahaan besar untuk berpindah ke produknya.
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: