Manfaat Wirausaha Untuk Mahasiswa

Wirausaha untuk mahasiswa tentu menjadi sesuatu yang sangat membanggakan. Wirausaha untuk mahasiswa akan membantu mengolah pola pikir generasi muda sejak dini. Jika tadinya banyak mahasiswa yang gengsi untuk berwirausaha, sekarang justru banyak sekali para mahasiswa yang sudah mulai mendirikan usaha, walaupun kecil-kecilan dan masih patungan dengan beberapa temannya.

 

Untuk memasyarakatkan semangat kewirausahaan di tengah masyarakat, sebenarnya Pemerintah sudah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 4, Tahun 1995. Tujuan dikeluarkannya Instruksi Presiden ini adalah untuk menumbuhkan semangat kepeloporan si kalangan generasi muda agar mampu menjadi wirausahawan. Terlebih kita akan menghadapi era perdagangan bebas, semua aspek masyarakat dituntut untuk mampu mempersiapkan dan membuka lapangan kerja baru. Karena membuka dan memperluas lapangan kerja baru merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.

Wirausaha untuk mahasiswa diharapkan mampu menjadi pelopor pembangunan. Antara lain ikut serta mengurangi adanya pengangguran di Indonesia. Karena sejatinya, perubahan dan perbaikan nasik kita harus didasarkan pada kehendak, keinginan dan kerja keras. Itulah yang menjadikan peranan wirausaha sangat berarti bagi bangsa Indonesia dan dunia. Pembangunan bangsa Indonesia akan lebih mantap apabila ditunjang dengan adanya para wirausahawan yang ulet dan tangguh. Saat ini sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Pemerintah sudah sangat kesulitan untuk menyediakan lapangan pekerjaan baru. Selain itu, semua aspek pembangunan juga belum mampu terealisasi karena membutuhkan anggaran belanja yang cukup besar, personaliasnya, sarana prasarananya dan juga pengawasannya.

Jadi, para pengusaha merupakan kunci untuk suksesnya bangsa Indonesia. Pada masa pembangunan dan era perdagangan global seperti ini, sangat dibutuhkan mental dan kemampuan wirausaha agar Indonesia mampu bersaing dengan dunia luar. Tidak terbantahkan jika Indonesia dikaruniai dengan sumber daya alam yang begitu kaya, tinggal bagaimana kita masyarakat Indonesia mampu mengelola dan membuat peluang usaha dari salah satu sumber daya alam tersebut. Misalnya saja di dunia paiwisata. Indonesia sangat terkenal dengan pantai yang indah dan budaya etnik yang kental. Di sini Anda bisa menciptakan peluang dengan memproduksi batik di kawasan wisata, atau membuat toko souvenir khas Indonesia di kawasan wisata, dan lain sebagainya. Usaha-usaha kecil seperti ini sangat cocok untuk mahasiswa karena jiwa muda mereka biasanya lebih kreatif. Misalnya, mereka membuat kedai kopi khas Indonesia dengan membawa budata etnik di setiap interior kafenya. Hal ini pasti akan menarik para wisatawan yang penasaran dengan kopi cita rasa Indonesia.

Wirausaha untuk mahasiswa tentu membawa tujuan dan manfaat yang mulia. Tujuannya ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa khususnya sense of business sehingga akan tercipta wirausaha-wirausaha muda potensial.
  2. Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi.
  3. Menciptakan unit bisnis baru berbasis IPTEKS.
  4. Membangun jejaring bisnis antara pelaku bisnis wirausaha pemula dengan pengusaha (terutama UKM) yang sudah mapan.

Sedangkan manfaat untuk sang individunya sendiri adalah mempunyai kesempatan mengasah jiwa wirausaha, meningkatkan soft skill dengan terlibat langsung dalam dunia kerja, meningkatkan keberanian memulai usaha, mendapat dukungan modal dan pendampingan secara terpadu.

Sebenarnya, kita adalah wirausaha yang mampu berdiri sendiri dalam menjalankan usaha guna mencapai tujuan pribadi, keluarga, bangsa dan Negara. Itulah mengapa kita harus memulai melatih jiwa kewirausahaan sejak dini. Agar nantinya ketika kita sudah terjun di dunia perdagangan dan kerja yang nyata, kita sudah mempunyai bekal yang lebih dari cukup dan untuk mengembangkan sayap lebih lebar lagi untuk menggapai cita-cita.

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: